Wednesday, August 24, 2016

Rapat Koordinasi Tim Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Demak

Rapat Koordinasi Tim Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Demak

 
Wakil Bupati Demak, Drs Joko Sutanto memberikan arahan dalam Rakor TKPKD
Wakil Bupati Demak, Drs Joko Sutanto
Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Demak yang diketuai oleh Wakil Bupati Demak Drs Joko Sutanto pada hari Rabu 24 Agustus 2016 melaksanakan rapat koordinasi yang bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Demak. Dalam rapat koordinasi yang dihadiri oleh Wakil Bupati Demak, Kepala Bappeda Kabupaten Demak, SKPD dan unsur-unsur lain yang terkait tersebut mengambil tema tentang Skema Percepatan Penurunan kemiskinan Melalui Sinergitas Program dan Pendayagunaan PBDT 2015 di Kabupaten Demak.

Wakil Bupati Demak, Drs Joko Sutanto dalam kesempatan tersebut memberikan arahan kepada semua peserta rapat koordinasi terkait dengan optimalisasi upaya penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Demak.  Bahwa penanggulangan kemiskinan harus dilakukan dengan terpadu dan terarah sehingga bisa dilaksanakan secara optimal. Untuk tahap awalnya yaitu dengan menyamakan data terkait dengan kemiskinan baru nantinya adalah melakukan sinergitas antar semua unsur yang ada di Kabupaten Demak mengingat kemiskinan adalah permasalahan bersama.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bappeda Kabupaten Demak, drh. Tri Pudji Lestari yang juga merupakan Sekretaris TKKPKD Kabupaten Demak memaparkan tentang karakteristik  kemiskinan di Kabupaten Demak, evaluasi pelaksanaan program perlindungan sosial, kelembagaan penanggulangan kemiskinan dan kebijakan penanggulangan kemiskinan yang dilakukan di Kabupaten Demak.
 
Sebagaimana diketahui bahwa di Kabupaten Demak, terdapat 3 kecamatan yang berada dalam zona merah terkait dengan status kemiskinan wilayahnya, yaitu Kecamatan Mranggen, Karangawen dan Bonang. Ketiga kecamatan tersebut menjadi kawasan prioritas dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang menjadi tanggung jawab semua stakeholders terkait di Kabupaten Demak.

Untuk efektivitas kegiatan penanggulangan kemiskinan, Kabupaten Demak akan memiliki data tunggal tentang kemiskinan yang terintegrasi dan selalu di review sebagai basis data dalam penanggulangan kemiskinan yang dilakukan oleh semua stakeholders. Semua data tentang kemiskinan di Kabupaten Demak akan terangkum dalam Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT), yaitu sistem yang membantu masyarakat dan pemerintah daerah untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan berdasarkan profil dalam Basis Data Terpadu (BDT) dan menghubungkan mereka dengan program-program pusat dan daerah yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. 
 SLRT juga membantu mengindentifikasi keluhan masyarakat miskin dan rentan, melakukan rujukan, dan memantau penangangan keluhan untuk memastikan bahwa keluhan keluhan tersebut ditangani dengan baik. 

Tags:

0 Responses to “Rapat Koordinasi Tim Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Demak”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks